Tips Perawatan Motor Honda Vario eSP 110

Agar motor yang kita gunakan sehari – hari tidak mudah rusak, selain perawatan bulanan dengan servis rutin ke bengkel harus diperhatikan, perawatan motor harian juga penting diperhatikan. Hal ini berlaku untuk semua tipe dan merk motor, termasuk Anda yang punya motor Honda Vario eSP 110.

Ada beberapa langkah sederhana sebagai bentuk perawatan motor Honda Vario eSP 110 sehari – hari yang Anda penting perhatikan. Informasi selengkapnya bisa Anda simak dalam uraian di bawah ini. Lets check these out!

Perawatan Motor Honda Vario eSP 110 Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Rajinlah menggunakan kick starter

Pada motor Honda Vario eSP 110, akan Anda temukan dua jenis starter yaitu kick starter dan electric starter. Pemilik motor sendiri kebanyakan terbiasa menghidupkan motor dengan menggunakan kick starter.

Alasannya karena supaya tegangan yang tersimpan di bagian baterai jauh lebih awet. Dengan menggunakan electric starter sendiri tegangan yang terbuang akan segera diisi kembali oleh regulator ketika mesin dalam keadaan menyala.

Memanaskan mesin motor setiap hari di pagi hari

Sebelum Anda gunakan motor beraktivitas seharian penuh, pada pagi harinya Anda harus berupaya untuk memanaskan mesin motor. Setelah motor Anda hidupkan, upayakan Anda tidak langsung menarik gas dengan kencang.

Anda harus menunggu beberapa saat antara 1 sampai dengan 2 menit. Jika Anda tidak ingin memanaskan mesin karena merasa terburu – buru dan ingin secara langsung menggunakan motor matic, ada baiknya sangat dianjurkan untuk Anda gunakan kecepatan rendah lebih dulu.

Dengan Anda gunakan tekanan berkecepatan rendah, hal tersebut akan berfungsi sama halnya dengan memanaskan mesin yang tujuannya adalah digunakan supaya oli bisa bekerja lebih baik pada keseluruhan bagian mesin motor Anda.

Selalu mengisi bensin

Hal yang juga tak boleh Anda remehkan adalah tentang pengisian bensin untuk motor Honda Vario eSP 110 punya Anda. Pastikan Anda jangan sampai meremehkan bensin di tangki motor Anda. Segera lakukan pengisian bensin ketika tanda navigasi bensinnya sudah mengarah pada tanda E yang artinya hampir kosong atau empty.

Bensin yang sering kehabisan juga berdampak pada mesin motor. Mesin motor akan bermasalah jika sering kehabisan bensin. Selain itu tangki bensin juga akan berkarat jika bensin tidak pernah diisi full tank atau malah sering kehabisan.

Menggunakan bensin berkualitas

Ada berbagai jenis bensin yang ada di pasaran mulai dari Premium, Pertalite sampai dengan Pertamax. Nah, untuk menjaga kestabilan kendaraan bermotor dan menjaga metabolisme kendaraan bermotor dalam kondisi terbaik, pastikan Anda menggunakan bensin Pertamax.

Periksa kapasitas oli motor Anda

Ada baiknya untuk Anda selalu berusaha memeriksa oli mesin dan juga oli transmisi motor agar tidak sampai kehabisan. Anda juga perlu melakukan pergantian oli secara berkala baik itu oli mesin, oli gardan atau oli shockbreakernya.

Dengan memeriksa penggantian oli secara berkala, hal tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui masih bagus atau tidaknya kualitas oli. Jangan sampai masalah oli merusak mesin atau bahkan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara.

Untuk penggantian oli, biasanya perbandingan pengisiannya adalah 3 : 1. Jadi 3 kali penggantian oli mesin, maka penggantian oli gardan cukup satu kali saja. Sementara untuk penggantian oli shockbreakernya dengan kapasitas 10.000 km.

Posisi kunci kontak dan stide stand switch perlu selalu diperhatikan

Posisi kunci kontak dan stide stand switch ini perlu Anda perhatikan jangan sampai rusak. Bagian ini dalam hal perawatan motor Honda Vario eSP 110 adalah bagian penting.

Cara membuka kunci dengan memutar kunci kontak pada posisi ON dan standar samping otomatisnya juga menjadi bagian penting yang tersedia karena mesin tidak akan bisa menyala jika bagian Stide Stand Switch ini dalam posisi turun.

Deteksi lampu malfunction indicator lamp atau lampu MIL

Ketika lampu indicator malfunction indicator lamp atau lampu MIL menyala, maka ECU akan segera mendeteksi jika terjadi kerusakan di bagian sensor sistem injeksi.

Kedipan lampu indicator MIL bisa diketahui juga untuk mendeteksi masalah pada sistem injeksi dengan cara membaca beberapa kedipan yang muncul. Hal ini perlu untuk melakukan deteksi atas kerusakan pada sistem injeksi.

Jika ternyata terdapat suatu kedipan pada area MIL, itu berarti menjadi tanda adanya suatu kerusakan pada sistem PGM-F1 motor. Nah, jika hal tersebut terjadi pada motor Honda Vario eSP Anda, maka hal tersebut harus segera Anda tangani. Caranya dengan Anda membawa motor ke bengkel resmi Honda.

Itulah langkah perawatan motor Honda eSP 110 yang paling mudah Anda lakukan. Anda terapkan cara perawatan diatas sedari sekarang agar motor selalu awet dan tahan lama.