Tips Berkendara Motor Saat Hujan

Tips Berkendara Motor Saat Hujan

Musim hujan menjadi permasalahan musiman khususnya bagi pengendara sepeda motor. Berbagai kondisi yang biasanya terjadi adalah harus sedia jas hujan, bertemu dengan kubangan air saat perjalanan, banjir yang bisa membuat perjalanan terhambat, hingga berbagai kerusakan motor akibat air masuk ke bagian yang tidak semestinya.

Agar tidak terjadi hal-hal yang bisa menghambat aktifitas dalam berkendara sepda motor maka pada kali ini kami berikan beberapa tips cerdas. Tanpa basa-basi langsung saja turunkan scroll mouse kebawah.

 

Gunakan Jas Hujan yang Aman

Jas hujan dipasaran saat ini ada banyak jenis dan merk, masing-masing memiliki kualitas yang beragam. Nah…berkendara aman saat memakai jas hujan perlu pilihan bijak dan cerdas agar tidak mengakibatkan masalah di perjalanan.

Jas hujan jenis ponco memang sering digunakan pengendara karena bisa dianggap simpel dan mudah digunakan. Namun perlu diperhatikan bahwa jas hujan jenis ini malah mengakibatkan banyak kecelakaan.

Itu dikarenakan pemakian yang tidak aman karena kondisi terburu-buru, asal pakai saja, hingga teledor. Jas hujan ponco atau raincoat jika tidak teliti saat memakai pada ujung jas bisa beresiko masuk ke sela-sela roda. Saat terselip maka dengan putaran roda yang kencang bisa melilit dan mengakibatkan pengendara tertarik dan terbanting.

Oleh sebab itu sangat disarankan menggunakan jas hujan setelan kemeja dan celana. Selain aman juga melindungi seluruh bagian tubuh dari atas hingga bawah dari terpaan air hujan.

Pilih kualitas yang baik agar dalam pemakaian berulang-ulang tidak merusak bahan yang mengakibatkan air hujan tembus kedalam pakaian. Untuk pengendara sepeda motor lebih cocok menggunakan jas hujan berbahan karet elastis atau rubber dibandingkan dengan bahan parasit.

 

Cek Ban Sepeda Motor

Ban memiliki fungsi yang sangat besar salah satunya adalah daya cengkeram saat berkendara di jalanan. Saat hujan sangat beresiko tinggi jika kondisi ban tidak prima.

Gantilah ban jika alur pada permukaan karet ban telah rata atau gundul dan ganti dengan yang sesuai. Jika mengabaikan itu maka bahaya senantiasa mengincar pengendara karena dengan daya cengkeram lemah akibat permukaan telah halus bisa mengakibatkan tergelincir tak terkendali.

 

Lampu Kendaraan

Selain sebagai penerangan, lampu pada kendaraan bermotor memiliki fungsi lain sebagai penanda, kode, atau sinyal kepada pengendara lain pada saat hujan deras. Saat hujan deras jarak pandang menjadi terbatas sehingga lampu menjadi fungsi keamanan utama.

Ganti lampu penerangan motor jarak jauh dan dekat sekaligus lampu belakang dan sein jika intesitas cahayanya sudah menurun. Lebih baik menggunakan lampu jenis LED dibanding bolam pijar karena daya pancar cahayanya lebih konstan dan stabil.

 

Waspada Saat Berkendara

Berkendara saat hujan memiliki resiko tinggi karena ada banyak faktor yang membuat keamanan pengendara sangat beresiko. Perkirakan kecepatan motor dengan cerdas serta pergunakan rem secara benar. Jika kondisi hujan tidak dmemungkinkan untuk meneruskan perjalanan sebaiknya berhenti dan berteduh hingga cuaca memungkinkan untuk meneruskan berkendara.

4 tips mengendarai sepeda motor saat kondisi hujan diatas sebaiknya menjadi perhatian lebih karena keselamatan menjadi faktor paling utama. Jangan pernah mengabaikan tisp sederhana diatas dengan alasan apapun akrena taruhannya adalah nyawa.