Sejarah Motor Tiger yang Gagah dan Tangguh

Honda Tiger memang sempat menjadi dambaan pria maupun remaja laki-laki di Indonesia. Hadir dengan nuansa maskulin yang klasik, Honda Tiger masih memiliki pemuja hingga sekarang ini meskipun sudah banyak bermunculan motor maskulin lainnya. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam Honda Tiger, simak sejarahnya berikut.

Sejarah Motor Tiger: Bentuk Body

Bicara soal sejarah sepeda motor Honda Tiger, Anda akan disuguhkan oleh cerita dari generasi ke generasi perkembangan motor ini. Pasti Anda sendiri ingat bagaimana perbedaan Tiger yang dulu dengan Tiger yang sekarang bukan?

Perkembangannya tak hanya soal mesinnya saja, melainkan juga modelnya yang dari generasi ke generasi menjadi lebih modern. Sifat klasik mulai ditinggalkan pada generasi-generasi tertentu.

Generasi pertama dalam sejarah motor Tiger yang akan dibahas adalah generasi yang bermula pada tahun 1993 dan berakhir pada tahun 2006. Pada generasi pertama ini, Honda Tiger 2000 lah yang menjadi fokus utamanya.

Motor Honda Tiger dengan tampilan yang sangat klasik namun menjadi motor trendy di masa itu. Generasi Honda Tiger 2000 terbagi menjadi dua masa, yaitu Honda Tiger Super Cruiser dan Honda Tiger New Super Cruiser.

Selain trendy, motor dengan nuansa neo-klasik ini juga sebenarnya hadir dengan nuansa elegan. Alasannya adalah ditemukan banyaknya lengkungan di body nya, meskipun masih banyak ‘kotak-kotaknya’ yang keras. Bentuk lampu depannya adalah bulat yang mana dilengkapi dengan reflektor multilensa.

Awalnya lampu depan ini diberi rumah yang berwarna gelap. Namun pada tahun 1997 rumah lampu ini diubah menjadi warna perak dengan kelengkapan berupa lapisan chrome.

Honda Tiger 2000 New Super Cruiser sebenarnya tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, Super Cruiser. Hanya saja pada mesinnya terdapat pengembangan oleh AHM. Variasi warna Honda Tiger 2000 New Super Cruiser saat itu adalah perpaduan dua warna, yaitu silver dan hitam. Di versi sebelumnya lampu belakang dan lampu remnya menjadi satu, namun pada versi New Super Cruiser ini lampunya menjadi dua yang disusun sejajar.

Selanjutnya masuk pada sejarah motor Tiger generasi kedua, yaitu Honda Tiger Revolution Cruiser. Honda Tiger Revolution Cruiser menemani pada pecinta motor pria dari tahun 2006 sampai 2008 saja. Namun demikian, AHM telah merombak hampir seluruh bagian dari Honda Tiger ini dibanding versi sebelumnya.

Mulai dari tampilannya, hingga mesinnya. Salah satu perkembangan mesinnya berupa adanya tambahan Secondary Air Supply System. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi pembuangan emisi gas buang sehingga bisa dikatakan lebih ramah lingkungan dibanding versi sebelumnya.

Generasi ketiga adalah generasi terakhir terhitung pada awal tahun 2020 ini. Di generasi ini terdapat motor-motor Honda Tiger lain yang bisa diakui sangat modern tampilannya dan masih banyak dipilih oleh pecinta motor.

Generasi ketiga ini mewujudkan seri Honda Tiger New Revolution Cruiser. Produk dari generasi ini diantaranya Honda Tiger 2008, Honda Tiger 2010, dan Honda Tiger 2012.

 Sejarah Motor Tiger: Asal Usul Nama Tiger

Nama Honda Tiger sendiri memang berhasil menginterpretasikan performa dari motor ini. Honda Tiger hadir sebagai motor maskulin yang mana merupakan produk dengan tingkat mesin tertinggi yang diproduksi oleh PT. Astra Honda Motor.

Baik itu karena kecepatannya, mesin, daya kuda, torsi, dan lainnya secara keseluruhan. Dengan deskripsi mesin sesempurna itu rasanya akan kurang jika tidak diberi nama ‘Tiger’. Dari generasi ke generasi pula Honda Tiger telah berhasil memberikan pengalaman bermotor untuk banyak pria. Baik karena tampilannya yang maskulin, maupun dari performa mesinnya