Knalpot Keluar Air di Pagi Hari, Apakah Berbahaya?

Anda memiliki kebiasaan untuk memanaskan motor di pagi hari? Lalu panik ketika sadar ada tetesan air yang keluar dari bagian knalpot? Padahal anda tidak habis mencuci sepeda atau melewati banjir. Kenapa knalpot bisa mengeluarkan air di pagi hari? Apakah hal tersebut berbahaya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Check this out!

Penyebab Knalpot Keluar Air di Pagi Hari

Jangan langsung panik jika knalpot anda mengeluarkan air bening dan bercampur sedikit oli ketika anda memanaskan mesin di pagi hari. Selama air tersebut tidak berbau bensin, anda tidak perlu khawatir. Penyebab utama knalpot mengeluarkan air di pagi hari adalah peristiwa pengembunan. Ketika malam hari, ruang dalam knalpot yang terbuat dari besi akan terisi oleh udara dingin. Udara dingin tersebut pastilah mengandung uap air yang akan mengembun di pagi hari termasuk dalam knalpot. Ketika mesin dipanaskan di pagi hari, uap embun tersebut pastilah menjadi tetesan air dan keluar melalui lubang dalam knalpot tersebut.

Sebenarnya, lubang dalam knalpot itu memang berfungsi untuk mengeluarkan air atau cairan tidak perlu yang berada dalam knalpot. Misalnya saja ketika anda selesai mencuci sepeda motor sebelumnya dan di pagi hari anda mendapati air keluar dari knalpot anda. air tersebut merupakan angin yang masuk kedalam knalpot ketika motor dicuci.

Air yang keluar dari knalpot biasanya juga dibarengi dengan keluarnya asap ketika memanaskan sepeda motor. hal tersebut masih berhubungan karena uap air dapat mencair menjadi air yang menetes dari knalpot atau menguap menjadi asap dari knalpot.

Kejadian ini biasanya lebih banyak terjadi di daerah pegunungan atau daerah yang suhunya dingin. Ini karena panas dari sinar matahari tidak terlalu berpengaruh pada knalpot motor. Pada daerah dataran rendah, uap air dalam knalpot bisa jadi sudah menguap sebelum anda memanaskan motor di pagi hari.

Apakah Tanda Mesin Rusak?

Lantas, apakah knalpot yang mengeluarkan air di pagi hari itu wajar? Tentu saja hal tersebut merupakan hal wajar. Hal ini justru menandakan bahwa mesin dalam keadaan yang baik karena bisa melakukan pembakaran dan pemanasan yang sempurna. Bahkan jika air mengendap dalam knalpot akan menjadi lebih berbahaya.

Cara Memanaskan Sepeda Motor dengan Benar

Memanaskan sepeda motor yang dimaksud disini bukanlah menjemur sepeda motor dibawah terik matahari ya. Aksud dari memanaskan disini adalah menghidupkan mesin sepeda motor sebelum digunakan. Apa tujuan dari memanaskan sepeda motor?

Tujuan utama dari memanaskan sepeda motor adalah agar sepeda motor siap dan tidak kaget saat langsung digunakan berkendara. Mesin motor yang jarang dipanaskan dan langsung digunakan begitu saja, akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari misalnya mesin sulit dihidupkan, mesin tiba-tiba mati, brebet, hingga RPM nya menjadi tidak stabil. Berikut beberapa tips memanaskan sepeda motor dengn benar menurut tipe sepeda motor:

  1. Sepeda Motor Berkarburator

Sepeda motor yang memiliki sistem bahan bakar konvensional atau karburator ini sebaiknya dipanaskan menggunakan kick starter atau ceklekan kaki. Meskipun sudah banyak sepeda motor berkarburator yang memiliki pilihan electric starter, sebaiknya tetap menggunakan kick starter saat memanaskan motor. Kenapa? Hal ini dilakukan untuk meringankan beban kelistrikan pada motor karena sepeda motor belum mendapatkan arus pengisian sebelumnya. Lakukan pemanasan selama lima sampai sepuluh menit.

  1. Sepeda Motor dengan Mesin Berdiri (Motor Sport)

Untuk melakukan pemanasan pada sepeda motor sport, lakukan dengan dua sampai tiga kali kick starter saat kunci kontak masih dalam keadaan OFF. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar oli mesin bisa naik ke area kepala silinder. Setelah itu, baru lakukan pemanasan seperti cara pertama. Lakukan pemanasan selama lima sampai tujuh menit.

  1. Sepeda Motor Injeksi

Sepeda motor injeksi bisa melakukan pemanasan dengan cara paling canggih loh. Anda hanya perlu memutar kunci kontak ke posisi ON dan membiarkan semua lampu indikator menyala dan tunggu sampai mati. Setelah lampu indikator mati semua, putar kembali kunci ke posisi OFF dan ulangi hingga tiga sampai empat kali. Hal ini dilakukan karena sepeda motor injeksi memiliki sistem tekanan bahan bakar. Setelah itu, nyalakan mesin sepeda motor selama 30 detik sampai satu menit saja dan sepeda motor bisa langsung digunakan.

Nah itulah tadi artikel lengkap tentang mitos knalpot yang mengeluarkan air di pagi hari beserta tips memanaskan sepeda motor dengan benar. Semoga penjelasan diatas dapat memberi anda pandangan mengenai cara merawat sepeda motor dengan benar ya! Semoga bermanfaat.

Tags: