Kebiasaan Buruk Penyebab Kampas Ganda Habis Sebelah

Sepeda Motor Matic memiliki sebuah komponen yang bernama kampas kopling ganda yang sangat penting bagi CVT atau Continuously Variable Transmission. Komponen ini memiliki peran vital untuk membantu motor matic bisa berjalan dengan baik. Namun pada masa-masa tertentu, kampas akan terasa aus dan habis sebelah. Bagaimana itu bisa terjadi? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Fungsi Kampas Ganda

Kampas ganda mempunyai fungsi utama sebagai penyalur dan pemutus tenaga putaran mesin yang dialirkan oleh CVT mulai dari depan hingga ke belakang. Fungsi kampas ganda ini dibuat dengan gaya sentrifugal. Ketika pengguna motor mulai memutar gas, akan terjadi penambahan RPM yang memperbesar gaya sentrifugal pada kampas dan membuatnya bergerak ke arah kopling kemudian menjadi terhubung dengan rumah koplingnya. Ketika sepeda motor matik menambah kecepatan secara berkala, kedua komponen tersebut akan bekerjasama secara maksimal untuk menggerakkan kendaraan. Selain itu, keduanya juga akan menyalurkan tenaga yang besarnya bergantung pada putaran mesin.

Sebagai gambaran lebih jelas, sebelum pengguna memutar gas, kondisi kampas ganda dan mangkok kopling adalah renggang. Namun setelah pengguna memutar gas, sliding sheave akan menekan kampas menjadi lebih rapat dan meneruskan tenaga yang ada dari putaran mesin menuju sistem transmisi CVT dan membuat roda berputar sehingga sepeda motor bisa berjalan.

Gejala Kampas Ganda yang Mulai Habis

Pengguna sepeda motor perlu mengetahui bahwa kampas ganda bisa rusak, habis setengah atau habis seluruhnya. Hal ini terdengar sepele namun memiliki dampak besar karena bisa mempengaruhi tenaga yang disalurkan menjadi tidak maksimal. Kampas ganda pada sepeda motor matic sendiri biasanya memiliki usia pakai sekitar 20 hingga 30 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun pemakaian. Namun hal tersebut bisa berbeda tergantung pada cara pemakaian sepeda motor itu sendiri.

Gejala yang paling ketara saat kampas ganda mulai habis atau aus adalah timbulnya gejala getar atau gredek saat sepeda digunakan. Pada beberapa kasus, sepeda motor juga akan mengalami perubahan suara pada area CVT saat mulai dijalankan. Ada juga sepeda matik yang mengalami gejala berupa akselerasi awal terasa menjadi lebih berat dan mengerek.

Penyebab Kampas Ganda Cepat Habis

Penyebab utama kampas ganda pada motor matic cepat habis adalah beberapa kebiasaan buruk pengguna dalam menjalankan sepeda motor. Kebiasaan pertama yang banyak dilakukan adalah menahan gas ketika macet atau ketika sepeda motor berhenti di jalanan yang menanjak. Padahal, pengguna sepeda motor memiliki opsi untuk menggunakan rem dibanding menahan gas. Cara ini jauh lebih aman baik untuk pengendara maupun untuk kesehatan sepeda motor.

Kebiasaan lain penyebab kampas ganda cepat habis adalah sepeda motor seringkali dipaksa untuk membawa beban berat berlebih dan berulang. Saat sepeda motor membawa beban berlebih, kampas ganda akan bekerja lebih keras ketika menggerakkan roda belakang. Hal ini tentu mempercepat usia pakai kampas ganda dan membuatnya cepat habis.

Tips Merawat Kampas Ganda Agar Lebih Awet

Untuk melihat apakah kampas ganda anda sudah aus apa belum, anda bisa mengecek dengan cara membongkar CVT nya. Jika anda tidak mengerti, anda bisa mengeceknya pada bengkel atau tukang servis kepercayaan anda. jika kampas ganda sudah aus dan arus diganti, biasanya dana yang harus disiapkan adalah sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung tipe sepeda dan cara pengerjaannya.

Berikut beberapa tips agar kampas ganda lebih awet dan tidak harus sering diganti:

  1. Berkendara dengan Benar

Seperti sudah dijelaskan di atas. , cara anda berkendara bisa menjadi penyebab kampas ganda gampang aus. Gunakan rem saat anda berada dalam kemacetan dibanding menahan gas, begitu pula ketika anda sedang berhenti di jalan yang menanjak. Sebaiknya, hindari membawa beban berlebih pada motor untuk menambah usia pakai kampas motor.

  1. Rajin Mengecek Kondisi CVT

Rajin mengecek kondisi kampas ganda juga bisa memperpanjang usia pakai kampas ganda. Sebagai pengingat, anda bisa mengecek kondisi CVT dan kampas ganda anda ketika mengganti oli. Pengecekan ini bisa menjadi pengingat anda untuk menjalankan sepeda motor dengan lebih halus lagi.

Nah itulah tadi artikel lengkap mengenai kampas ganda mulai dari fungsi, penyebab rusak hingga tips merawatnya agar menjadi lebih awet. Semoga artikel diatas dapat membantu. Semoga bermanfaat!

Tags:,