Inilah Harga V Belt Motor Matic Honda

Mengendarai motor memang mengharapkan suasana perjalanan yang nyaman. Untuk itu, Anda harus mengetahui dan peka akan kondisi motor matic Anda. Baik dari segi komponen, tanda-tanda kerusakan, dan lain sebagainya.

Seperti tanda harus digantinya V Belt yang fungsinya memang mirip dengan rantai pada motor bebek. V Belt bentuknya seperti sabuk dan berbahan dasar karet. Lalu, berapakah harga V Belt Motor Matic Honda? Apa saja tanda-tanda V Belt harus diganti? Perhatikanlah penjelasan berikut ini

  • Keadaan V Belt Retak

Perlu Anda ketahui jika harga V Belt Sepeda Motor Matic Honda itu harganya bermacam-macam. V Belt Motor Matic Honda Beat Karbu dijual dengan harga Rp. 64.000, Honda Beat FI dijual dengan harga Rp. 75.000, Honda Scoopy Rp. 75.000, Honda Vario Techno 125 Rp. 120.000, Honda Vario 15- Esp Rp. 125.000 dan Honda PCX Rp. 130.000. Mengingat harga yang standar tidak terlalu mahal maka Anda harus menggantinya ketika V Belt mengalami keretakan. Lihatlah fisik V Belt dengan lekukan membentuk huruf V pada bagian gerigi.

  • Memperhatikan Jarak Tempuh

Anda harus mengetahui bahwa setiap kelipatan 15.000 km, Anda harus mengganti V Belt. Memang benar jika masa penggunaan atau keawetan V Belt itu tidak semuanya sama. Namun, ini menjadi patokan ukuran jika V Belt memang harus diganti atau nanti akan mengalami keputusan rantai di tengah perjalanan

  • Stamina Tarikan Motor Berkurang

Tanda ketiga yaitu Stamina Tarikan Motor. Setiap orang pasti mengetahui gaya tarikan dan juga speed pada motor pribadinya. Memang benar jika setiap orang dapat memperkirakan tingkat keringanan tarikan motor namun, jika Anda adalah orang yang memiliki motor tersebut pasti Anda lebih paham dan ahli. Ketika V Belt sudah harus diganti efek akselerasi motor akan berkurang dan perjalanan Anda akan sedikit tidak nyaman dan merasa terganggu.

  • Keadaan Motor Aus

Jadilah rider yang peka akan motor masing-masing. Beberapa minggu sekali pergilah ke tempat service untuk mengetahui kondisi terkini motor Anda. Keadaan motor aus bisa disebabkan oleh oli yang sudah lama tidak diberikan sehingga tidak ada pelumasan. Akibatnya, ketika Aus akan berdampak juga pada komponen motor lainnya seperti V Belt.

Ketika motor dibiarkan aus terus menerus maka bisa saja V Belt akan putus dan motor tidak dapat dijalankan. Oleh sebab itu, sebelum berkendara cek kondisi motor Anda apakah ada yang aneh atau baik-baik saja. Hal ini sangat ditekankan karena dapat menyangkut urusan keamanan pengendara.

Adapun cara mengganti V Belt Motor yang tepat yaitu dengan mengikuti rekomendasi dan tata cara pabrik.  Dengan membaca buku dari pabrik Anda dapat dengan mudah untuk memahami instruksi step by step pemasangan. Ketika Anda tidak bisa memasang dan merasa takut salah, Anda dapat membawa motor ke bengkel terdekat atau bengkel kepercayaan.

Demikianlah penjelasan mengenai harga V Belt Motor Matic Honda beserta tanda-tanda V Belt harus diganti dan cara untuk menggantinya. Sebagai rider, Anda harus tahu betul akan keadaan motor yang Anda kendarai. Service rutin adalah salah satu cara merawat agar kondisi motor tetap aman dan terkendali.

Cek komponen motor setiap perjalanan jauh dengan tujuan meminimalisir tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh rusaknya komponen pada motor. Tetap berhati hati dalam berkendara, dan semoga perjalanan Anda selalu aman dan menyenangkan.