Ciri atau Gejala Komstir pada Motor yang Bermasalah

Stearing head atau yang disebut dengan komstir pada kendaraan bermotor adalah komponen yang ada di setang motor, termasuk yang ada di motor jenis matic. Yang dimana komstir tersebut berpengaruh pada aspek keselamatan dan juga kenyamanan ketika berkendara.

Apabila komponen ini bermasalah maka kenyamanan pengemudia ketika sedang mengendarai motor akan terganggu. Sayangnya, sebagian besar pengendara motor tak tahu komponen komstir tersebut dan bagaimana tanda atau cirinya jika komstir ini rusak. Sehingga apabila dilakukan pemeriksaan pada motor biasanya pengendara hanya fokus di bagian lainnya saja.

Untuk itu, sebagai pemilik dan pengendara motor yang baik Anda juga harus tahu apa saja ciri-ciri dari kerusakan yang terjadi pada komstir motor.

Gejala pada Komstir Motor yang Bermasalah atau Rusak

Salah satu ciri bagian komstir motor yang bermasalah atau rusak adalah setangnya akan sulit digoyangkan dan atau digerakkan. Ciri lainnya yaitu ketika dilakukan pengereman mendadak atau pada saat motor sedang melibas polisi tidur di jalan, maka akan muncul bunyi Tak Tak pada komstir motor dan hal itu akan sangat mengganggu.

Kerusakan yang terjadi pada komstir motor ini biasanya terjadi karena si pengendara menerabas jalan-jalan yang berlubang atau melewati polisi tidur dengan kencang atau secara kasar. Komstir yang aus itu biasanya juga disebabkan oleh jalanan ancur atau polisi tidur yang dihadang begitu saja. Sehingga tegangan yang terjadi pada setang akan menjadi lebih besar.

Apalagi jika ada masalah di suspensinya juga, maka akan timbul bunyi karena komponen besi yang bulat serta mangkuknya yang aus akan kendor secara terus menerus. Sehingga saat mengerem atau melibas jalanan yang tak rata akan muncul bunyi.

Perbaikan yang dilakukan pada komstir yang rusak biasanya adalah mengecek kembali kondisi komstirnya, dan menyetelkan ulang sehingga bola-bola besi serta mangkuknya ada di posisinya yang tepat.

Pemberian pelumas juga biasanya akan dilakukan supaya gesekan yang terjadi pada bola besi dan mangkuknya menjadi lebih halus, pada saat ada pergerakan di bagian setang. Apabila pelumasnya mengering maka akan terjadi gesekan antar besi dan lama kelamaan bagian bola besinya pun akan aus. Atau bisa jadi karena pelurunya habis.

Dalam mengganti komstir ini biasanya dilakukan semuanya yang berjumlah satu set.

Fungsi Komstir pada Kendaraan Sepeda Motor

Walaupun banyak yang tidak aware dengan keberadaan komstir ini, tetapi sebenarnya kegunaan dan fungsi pada bagian komstir ini sangat penting. Komstir yang biasanya terdapat pada batang stir atau as motor, memiliki prinsip yang sama dengan bearing/klaher yang ada di roda motor.

Fungsinya adalah untuk membuat stabil dan meringankan gerak yang terjadi di setang setir pada motor tersebut. Prinsip kerjasama komstir terdapat pada batang stirnya, seperti bearing/klaher yang terdapat pada roda motor.

Jika pada roda motor klaher atau bearing ini fungsinya adalah untuk melancarkan gerak pada bagian setang stir. Sedangkan pada komstir ada race ball atau yang disebut dengan gotri/pelor atau ada pula yang bentuknya mirip dengan bearing.

Supaya gerakannya ringan dan tidak seret maka bagian pelornya akan diberi grease. Sehingga pelornya akan bergerak kembali dengan mengikuti rumah pada komstir. Efek gerakan pada stir motor ini adalah menjadi lebih lancar dan tidak seret seperti sebelumnya.

Ada dua bagian komstir di bagian setang motor yaitu bagian atas dan juga bawah. Setiap bagiannya itu memiliki pelor atau race ball yang sudah dilengkapi dengan rumah komstir. Di bagian atas komstir juga dapat disetel menjadi lebih longgar atau menjadi kaku, untuk pengaturan berat/ringannya gerakan di setang setir tersebut.

Setelah mengetahui ciri kerusakan dan juga fungsi dari komstir motor ini maka sekarang Anda akan lebih aware dengan komstir, dan melakukan perawatan agar tidak mudah rusak. Sebenarnya, gejala awal dari kerusakan komstir ini bisa dideteksi sejak dini. Misalnya ketika Anda sudah mulai merasa ada yang tidak enak atau aneh di bagian setang motor. Maka kemungkinan besar, sudah ada masalah di komstir motor tersebut.

Tags:,