Belajar Kode Kedipan Lampu MIL Honda secara Mudah

Malfunction Indicator Lamp atau yang sering dijuluki dengan Lampu MIL (Lampu Engine Check). Merupakan salah satu program dari motor Honda yang memiliki fungsi sebagai peringatan apabila terjadi masalah saat berkendara. Faktanya masih banyak pengguna yang kurang memahami kinerja dari lampu MIL tersebut. Berikut akan diulas cara belajar kode kedipan lampu MIL Honda secara tepat dan mudah.

 

  1. Informasi Lampu MIL Honda

Berbicara mengenai lampu MIL Honda, Anda perlu belajar beberapa hal sebagai informasi pengetahuan. Penjelasan Kepala Departemen PT Daya Adicipta Motora (DAM) yakni Ade Rohman. Jika terjadi kerusakan pada sistem PGM-FI, maka kondisi lampu indikator MIL akan menyala serta berkedip. Fitur yang disediakan ini hanya akan bekerja jika terjadi intruksi dari Engine Control Module (ECM).

Ade menambahkan penjelasan bahwasanya jika dalam kondisi normal, ketika kunci kotak diputar ke posisi On. Maka lampu MIL Honda hanya akan menyala sekitar 2 detik, kemudian mati. Namun Ade menambahkan pula bahwasanya ketika ECM menemukan kendala pada sistem PGM-FI. Maka lampu MIL akan terus menyala atau berkedip selama kerusakan tersebut berlangsung. Dalam arti lain, sistem PGM-FI belum diperbaiki.

Selanjutnya pada informasi belajar kode kedipan lampu MIL Honda, jika lampu tersebut menyala atau berkedip maka pengguna tak perlu panik. Sebab dari sisi sistem ECM sendiri sudah dibekali dengan teknologi Fail Safe Mode. Teknologi ini memungkinkan dapat memberi informasia tau data yang dibutuhkan oleh ECM, apabila terdapat sensor yang bermasalah.

Sehingga bagi para pengguna sepeda motor Honda, tetap dapat melaksanakan perjalanan normal tanpa takut terkendala. Namun perlu diingat bahwasanya performa mesin tersebut pasti lebih menurun dibandingkan sebelumnya. Di sisi lain, jika terdapat kerusakan sistem PGM-FI terdapat bagian primer atau sensor utama. Sehingga akan secara otomatis mematikan fitur pengapian mesin dari suplay bahan bakar.

Ketika hal tersebut terjadi, maka sepeda motor tidak dapat dihidupkan secara otomatis. Pengguna perlu membawa ke AHASS terdekat, untuk dapat dilaksanakan perbaikan serta pemeriksaan lebih lanjut. Pengguna juga harus mampu mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI. Pada bagian inilah, pengguna perlu juga mempelajari hitungan kedipan dari lampu MIL tersebut.

Pada pendahuluan belajar kode kedipan lampu MIL Honda, terdapat dua macam kedipan yang perlu dipelajari oleh pemula. Yang pertama ialah kedipan panjang berlangsung kisaran waktu 1,3 detik. Serta terdapat kedipan panjang dengan waktu ekuivalen sepuluh kedipan pendek. Kedipan pendek hanya akan berlangsung selama 0,3 detik dengan satu kedipan saja.

Teknik membaca pun berbeda tergantung pada kebutuhan pengguna. Ade menjelaskan pada salah satu contoh kasus, apabila terdapat pola satu kedipan panjang diikuti satu kedipan pendek. Maka pengguna dapat membacanya dengan 11 kali kedipan. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwasanya 10 kedipan panjang ditambah 1 kedipan pendek di akhir teknik pembacaan.

 

  1. Arti Kode Lampu MIL Honda

Selanjutnya terdapat beberapa arti dari kode lampu MIL Honda. Arti dari kode lampu tersebut, Anda dapat menyesuaikan dengan cara pembacaan sesuai teknik yang telah dijelaskan diatas. Dalam arti lain, perhatikan pola kedipan sebagai salah satu informasi kerusakan yang terjadi para rangkaian sistem PGM-FI. Pertama, pola 1 kali kedipan artinya terdapat masalah pada Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure).

Kedua, pola 7 kali kedipan yakni terdapat masalah pada EOT (Engine Oil Temperature) atau ECT (Engine Coolant Temperature). Ketiga, pola 8 kali kedipan terjadi masalah pada Sensor TP (Throttle Position). Keempat, pola 9 kali kedipan terdapat masalah pada sensor IAT (Intake Air Temperature). Kelima, pola 11 kali kedipan yakni terdapat masalah pada Sensor VS (Vehicle Speed).

Keenam, pola 12 kali kedipan pun sama halnya terdapat masalah pada Sensor VS (Vehicle Speed). Ketujuh, pola 21 kali kedipan terjadi masalah pada Sensor Oksigen (02). Kedelapan, pola 29 kali kedipan terdapat permasalahan pada Rangkaian IACV (Intake Air Control Valve). Kedelapan, pola 33 kali kedipan terdapat permasalahan pada ECM (Engine Control Module).

Kesembilan, pola 52 kali kedipan terjadi masalah pada Sensor CKP (Crankshaft Position). Kesepuluh, pola 54 kali kedipan merupakan permasalahan yang terjadi pada BAS (Bank Angle Sensor). Kesebelas, pola 67 kali kedipan terdapat permasalahan pada Front Wheel Speed Sensor (PCX 160). Keduabelas, pola 86 kali kedipan terdapat permasalahan pada Speedometer (PCX 160).

Serta yang terakhir pada pembahasan kode belajar kode kedipan lampu MIL Honda. Jika terjadi pola kedipan 91 kali artinya terdapat permasalahan yang menimpa bagian Coil Ignition Primary Circuit Malfunction (PCX 150, ADV150, dan PCX 160)